Sabtu, 05 Juli 2014

Membuat Situs Galeri Produk Kaos Ocean Seven

Di forum FJB, persaingan makin sengit aja gan. Mungkin yang dulu pembeli sekarang malah ikutan jadi penjual. :D. Sekarang trit disundul, sekian menit kemudian tenggelam entah ada di halaman berapa. Di marketplace seperti txkxbxgus aturannya makin ketat. Dibatasi sekian iklan, waktu tayang berbatas waktu dan harus melewati approve yang malahan seringnya gagal lolos. Maaf gan curcol, itu hanyalah pengalaman ane. Yang lain mungkin tidak mengalami seperti itu.

Saatnya cari alternatif media untuk memasarkan produk yaitu dengan membangun situs. Sesederhana apapun. Di situs tersebut tempat pajang produk dan juga info promo, update dan lainnya. Situs juga memungkinkan konsumen potensial bisa kembali sewaktu-waktu. Untuk jangka panjang situs bisa diindeks oleh mesin pencari sehingga akan muncul dalam hasil pencarian.

Tutorial membuat galeri produk ini menggunakan skrip Wordpress. Kasusnya yaitu membuat situs galeri pajangan jualan dengan studi kasus produk kaos Ocean Seven. Jadi setelah mengikuti tutorial ini, agan mempunyai situs yang langsung tersisi 350 entri postingan produk.



Demo

Tools yang dibutuhkan

FileZilla untuk upload file ke server. Download di sini
Winzip, 7zip atau semacamnya untuk ektrak file
Skrip katalog. Download di sini (link Box telah diupdate)
Postingan katalog. Download di sini (link Box telah diupdate)

Di Install di mana?

Localhost
Agan berarti memerlukan server di komputer, bisa menggunakan XAMPP atau yang lainnya. Tutorial cara install worpress pake XAMPP sudah banyak. Silakan cari. Untuk yang akan install galeri di localhost setelah jadi nanti, harus terkoneksi ke internet karena gambar produk pada postingan ini disimpan di server google. Bila tidak, gambar produk di galeri katalog tidak muncul. Install di localhost tidak dibahas di sini

Hosting dan Domain Gratisan
Mau coba-coba dulu bagaimana caranya install skrip di web server? Boleh pake yang gratisan. Ada banyak penyedia layanan hosting dan domain gratisan. Namanya gratisan, domain dan hosting gratis mempunyai banyak keterbatasan. Salah satunya sering down. Harus sabar bila menggunakan yang gratisan. Untuk yang support bahasa Indonesia, bisa daftar dan kemudian buat akun domain dan hosting gratis di sini

Hosting dan Domain Berbayar
Untuk jangka panjang sebaiknya menggunakan hosting dan domain berbayar. Saat ini banyak hosting dan domain murah dengan space gede bahkan unlimited. Agan bisa upgrade hosting gratisan menjadi akun premium.

1. Upload File ke Sever

Untuk memulai langkah ini, asumsinya Agan sudah mempunyai domain dan hosting. Bisa yang gratisan ataupun berbayar. Agan sudah mempunyai alamat situs (domain), username dan password untuk masuk ke cpanel.

Lihat artikel sebelumnya, klik di sini.

2. Buat Database

Klik artikel sebelumnya di sini

Membuat database selesai, catatlah informasi-informasi tersebut (copy paste ke Notepad) karena mereka dibutuhkan ketika instalasi skrip nanti.

3. Unzip Skrip di Cpanel

Keterangannya klik di sini

4. Instalasi Skrip

Keterangannya klik di sini

5. Upload Postingan

5.1. Aktifkan Plugin
Login ke situs dengan menuliskan http://namasitusagan/wp-admin. Isikan username dan password ketika instalasi skrip.
Pilih menu Plugin dan aktifkan untuk plugin berikut ini (lihat gambar)

5.2. Upload Postingan
Ini yang paling penting. Link download postingannya ada di atas. Setelah download, lakukan ektrak dulu menggunakan WinZip.
Tools > Import > Wordpress
Tunggu hingga upload selesai.

5.3. Publish Gambar
Postingan masuk dengan status Draft. Untuk mem-publish banyak postingan sekaligus, silakan lihat gambar.












6. Pilih Themes

Menu Themes > Aktifkan Asteria Lite



Sekarang saatnya lihat situs Agan dalam tampilan depan dengan menulis alamat situs agan di browser

Hingga langkah ini, tutorial telah selesai.

Selanjutnya silakan agan atur bagian related product, pengaturan banner slide dan buat halaman keterangan lainnya sesuai kebutuhan.